OOH "Out-of-Home": Iklan Luar Ruang yang Efektif dan Nge-Trend!

 




Kamu sering melihat iklan iklan besar yang ada di gedung-gedung? Apalagi di pinggir jalan. Ternyata iklan tersebut merupakan contoh sederhana dari iklan OOH, lho. OOH merupakan singkatan dari "Out-of-Home" yang dikenal sebagai iklan luar ruang. Meskipun sekarang banyak perusahaan yang menggunakan media digital untuk beriklan, tetapi sampai saat ini iklan luar ruang masih efektif digunakan untuk menarik minat calon konsumen.

Apa sih iklan OOH itu ?

OOH Advertising merupakan salah satu jenis iklan yang menargetkan orang-orang yang berada di luar ruang/rumah. OOH mencakup iklan yang ditampilkan di luar ruangan, seperti di jalan raya, di kendaraan umum, di pusat perbelanjaan, gedung-gedung perkantoran, serta di fasilitas publik seperti stasiun kereta api dan bandara.
Walau sudah ada periklanan digital, namun tidak sedikit yang masih menggunakan iklan luar ruang karena dianggap lebih mampu menyampaikan pesan yang ingin disampaikan. Semakin atraktif visual iklan maka akan semakin menarik perhatian publik pada iklan tersebut.

Jadi, sudah tau kan apa itu OOH atau iklan luar ruang. Nah, ada apa aja sih contoh-contoh iklan OOH itu? Yuk, kita simak!

1. Billboard
Billboard merupakan salah satu bentuk iklan luar ruang yang paling umum dan paling familiar. Billboard adalah papan reklame berukuran besar dan umumnya terletak di tempat-tempat strategis seperti tepi jalan raya, gedung tinggi, dan area publik lainnya yang dianggap ramai.
Billboard rupanya terbagi menjadi 2, yaitu billboard digital dan billboard cetak. Billboard digital menampilkan visual iklannya yang bergerak, sedangkan billboard cetak hanya berbentuk cetak tidak bisa bergerak.

2. POS Display
POS Display atau point-of-sale adalah display yang diletakkan di area pelanggan melakukan pembayaran seperti kasir. POS Display mempromosikan produk untuk mendorong pelanggan supaya membeli. Alasan promosi di taruh di area dekat transaksi pembayaran, karena orang-orang yang sedang menunggu antre selalu melihat-lihat keadaan sekitar

3. Sarana Publik

Salah satu jenis iklan OOH yang ditempatkan pada ruang publik seperti stasiun, halte, taman, dan tempat publik lainnya. Walaupun jenis iklan ini memiliki kesamaan dengan billboard LED, akan tetapi kedua nya memiliki letak dan pengaplikasian yang berbeda.
Iklan sarana publik memanfaatkan bentuk sarana publik yang ada contohnya orang-orang yang menunggu bus di halte akan memerhatikan iklan-iklan yang terpampang disekitar.  Sedangkan iklan billboard biasanya hanya dilewati saja dan yang melihat pun tidak sedetail yang melihat iklan sarana publik.

4. Kendaraan Umum
Mungkin kamu pernah melihat mobil berjalan dengan stiker brand yang menempel pada kaca atau body mobil. Nah, stiker tersebut termasuk jenis iklan OOH kendaraan umum. Pada umumnya iklan jenis ini berada pada bagian kendaraan umum, seperti mobil, MRT, KRL, bus, taksi, dan lain sebagainya. Jenis iklan OOH satu ini dianggap lebih efektif dibandingkan dengan jenis OOH lainnya, karena dapat menjangkau lebih banyak orang untuk melihat dan memerhatikan iklan. Dengan tampilannya yang asing membuat banyak orang tertarik baik orang yang sedang menunggu, yang sedang menetap, dan orang-orang dilewati oleh kendaraan umum itu.

5. Videotron
Layar yang dapat menampilkan video karena dipadukan dengan teknologi LED adalah videotron. Jenis iklan OOH ini menjadi hiburan mata bagi para masyarakat yang melihat karena videotron ditempatkan pada lokasi lokasi strategis di kota besar. Denagn tampilan video atau gambar bergeraknya dan warna yang eyecatching menjadi alasan banyak masyarakat tertarik untuk melihat videotron.


Tertarik menggunakan iklan OOH?

MING Promotion menyediakan banyak layanan advertising yang bisa digunain untuk promosiin brand kamu, lho. Dengan menggunakan jasa layanan yang tersedia di MING dapat membantu kamu mem-branding brand kamu sampai capai goals deh. Nah, jika tertarik menggunakan layanan dari MING Promotion, bisa kontak yang tertera dibawah ini ya.
Yuk, saatnya promosiin brand kamu menggunakan iklan OOH!


Untuk Info detail media DOOH :

☎️ 0216925040

Whatsapp : +6285922206000

Facebook : @mingpromo

IG : @ming_promotion


Komentar